K@tegori

Sabtu, 23 Maret 2013

Apa Maskot Daerahmu



Ada begitu banyak patung dan monumen di DKI Jakarta seperti Patung Pancoran, Patung Panglima Besar Sudirman, Patung Selamat datang di Bundaran Hotel Indonesia dan masih banyak lagi. Tapi, siapa yang tahu apa maskot Kota DKI Jakarta? Kebanyakan orang pasti menjawab MONAS dan atau Ondel-Ondel, tapi jawaban itu SALAH BESAR. Saya baru menyadari pada saat menonton acara WIDESHOT di Metro TV. Sebagian orang tak akan menduga jika maskot utama Pemprov DKI Jakarta terdapat di daerah Jakarta Timur tepatnya di wilayah Condet. Adalah Patung Burung Elang Bondol yang sedang mengcengkeram Buah Salak Condet. 

Elang Bondol Sedang Mencengkeram Bauh Salak


Elang Bondol kadang disebut juga sebagai Lang Lang Merah atau Elang Tembikar. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Brahminy Kite atau Red-backed Sea-eagle. Sedangkan nama ilmiah hewan ini adalah Haliastur indus yang bersinonim dengan Falco indus. Sedangkan Salak Condet memiliki nama ilmiahnya yaitu (Salacca zalacca).
Salak Condet


Di Indonesia sendiri Elang Bondol termasuk satwa yang dilindungi dan terdaftar dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999. Selain itu Elang Bondol ditetapkan sebagai Fauna Identitas(Maskot) Provinsi DKI Jakarta mendampingi Salak Condet (Flora Identitas) berdasarkan Keputusan Gubernur No 1796 Tahun 1989. Terakhir, burung pemangsa ini juga dijadikan logo Bus Transjakarta.

Sungguh miris dan ironinya kawasan cagar budaya tersebut. Lahan Buah Salak Condet mulai tergerus oleh pembangunan Mal, Apartemen, Perumahan Elite, Kawasan Bisnis dan Kawasan Hiburan. Segala bentuk pembangunan untuk mensejahterakan tidaklah salah tapi perlu ada keseimbangan dengan Kawasan Cagar Budaya agar tetap terpelihara untuk generasi mendatang. BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI BUDAYA LUHURNYA.

Sama halnya di Kota Palu ada bebeapa patung seperti Patung Kuda dijalan Lasoso dan diperempatan Jalan Raden Saleh serta monumen di titik nol kilometer Kota Palu. Tapi kesemuanya tak mecirikan sebagai ikon serta budaya Kota Palu yang sebenarnya, tapi yang ada adalah nilai komersialisasi.
Titik Nol Kilometer Kota Palu

Patung Kuda di Jalan Raden Saleh
 
Ini bisa menjadi bentuk pelajaran beharga bagi semua pihak. Apa maskot utama daerahmu?

6 komentar:

  1. maskot daerah ku apel bang buku tamunya loma

    BalasHapus
  2. Setuju, maskot atau simbol baiknya menggambarkan ciri daerah tersebut.

    BalasHapus
  3. Blog yang informatif! Thanks for sharing. Dan jadi teringat masa kecil di Palu dulu, dok.

    BalasHapus
  4. สวัสดีเพื่อนผม Selamat sore, terima kasih sahabat kunjungannya :)

    BalasHapus
  5. Salam kenal ya :)

    BalasHapus