K@tegori

Kamis, 28 Januari 2010

Telah Hadir Chrome 4.0



Web browser milik Google, Chrome, baru saja diperbarui versinya. Google menyebutkan, ada lebih dari 1.500 fitur baru di versi 4.0 tersebut.

Ke-1.500 fitur baru yang disebutkan Google itu sebenarnya adalah extension file yang dibuat oleh para pengembang untuk menambahkan fungsionalitas ke Chrome. Kalau di Firefox, extension semacam ini berjumlah sangat banyak dan tidak pernah dianggap sebagai sesuatu yang menonjol di versi baru browser tersebut.


Kendati bermanfaat, extension sebenarnya memang tidak terlalu istimewa. Di antara yang paling berguna mungkin adalah sinkronisasi bookmark. Fitur ini memungkinkan Anda berbagi bookmark di antara lebih dari satu komputer tanpa perlu membuat ulang semua bookmark atau menyalinnya dari satu sistem ke sistem lain.

Google juga menyebutkan, kinerja browser Chrome 4.0 ini jauh lebih cepat. Dengan menggunakan Mozilla's Dromaeo DOM Core Tests, browser menunjukkan peningkatan kecepatan 42 persen dibandingkan rilis stabil sebelumnya dan peningkatan 400 persen dibandingkan versi pertamanya.

Satu yang perlu diingat, Chrome hanya bekerja di lingkungan Windows. Jadi, jika Anda menggunakan Apple atau Linux, maka silakan menunggunya sekitar setahun lagi.

3 komentar: