K@tegori

Sabtu, 23 Januari 2010

Pembobolan Dana Nasabah di ATM dan Tips Untuk Menghindarinya


Hati-hati menarik uang di ATM dimana saja, bisa-bisa uang anda di ATM akan raib. Hal ini dikarenakan sudah ada yang terjadi di Bali, Kalimantan, dan daerah lainnya di Indonesia. Modus yang mereka lakukan dengan memasang alat yang namanya skimmer palsu di ATM serta memasang kamera mini untuk mengetahui nomor pin nasabah. Yang lebih parahnya lagi alat skimmer dan kartu ATM yang kosong dapat dijual dimana saja. Penjualan alat tersebut sebenarnya peruntukkan untuk membuat kartu anggota perkumpulan atau club tertentu. di Amerika saja penjualan skimming dibatasi karena sudah kejadian pencurian uang lewat modus tersebut pada tahun 2009 lalu.

Seperti diberitakan, para pelaku telah membobol dana nasabah di enam bank, yaitu BCA, BRI, Mandiri, Permata, BNI, dan BII. Nasabah BCA adalah korban terbanyak.
Tips untuk mengambil uang di ATM

1. Sebaiknya mengambil uang di ATM langsung di bank cabang atau unitnya. Apabila kita mengambil uang di ATM dimana saja sebaiknya melihat mesin ATM tersebut dan kondisi dan situasi setempat apakah banyak pengamanan atau tidak.

2. Sejumlah bank, meski belum semua, telah melengkapi beberapa mesin uangnya itu dengan alat anti-skimming. Anti-skimming itu ada dua. Ada yang berbentuk fisik yang dipasang di mulut slot kartu seperti cocor bebek yang berwarna, ada juga yang berbentuk aplikasi.

3. Untuk mengambil uang/dana yang cukup besar, sebaiknya kita di temani oleh kerabat keluarga atau pihak keamanan(polisi).

4. Rajin-rajinlah kita mengecek dana/simpanan kita di Bank. Apabila dana kita tdak sesuai segera melaporkan pihak bank, agar dapat di investigasi lebih mendalam.

Itulah tips yang di berikan. Selamat mencoba. ^_^

2 komentar: